Jumat, 13 Maret 2009

Human Resource Audit

Arsip untuk ‘HR Audit’ Kategori

Audit SDM (3)

Sebagai kelanjutan setelah diperkenalkannya audit SDM untuk perencanaan assessment, recruitment, selection, placement berikut adalah audit yang bisa dilakukan untuk sistem SDM lainnya, yakni untuk sistem career management, performance management dan reward management.

CAREER MANAGEMENT

1. Apakah perusahaan mempunyai kebijakan/peraturan/keputusan penentuan perencanaan karir bagi karyawan?
2. Jika perusahaan mempunyai perencanaan karir, apakah ada orang atau posisi tertentu yang bertanggungjawab dan memiliki [...]

Untuk mentranslate bahasa

Audit SDM (2)

Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai audit SDM untuk perencanaan SDM (HR Planning) dan Struktur Organisasi (Organization Structure) berikut adalah audit yang bisa dilakukan untuk sistem SDM lainnya, yakni untuk assessment, recruitment, selection, placement dan training development.

ASSESMENT, RECRUITMENT, SELECTION & PLACEMENT

1. Apakah perusahaan sudah mempunyai standar baku prosedur dalam perekrutan maupun terminasi karyawan? baik internal maupun eksternal?
2. Apakah sudah [...]

Untuk mentranslate bahasa

Audit SDM (1)

Setelah sebelumnya dijelaskan mengenai audit SDM yang sederhana, kini kita bisa lanjut kepada audit SDM yang lebih lengkap. Seperti dijelaskan pada tulisan sebelumnya, audit SDM bisa merujuk (comply kepada) memenuhi standar lokal (pemda, pemprov), standar internal SOP, Company Policy atau regulasi (International Standard atau Standar pemerintah).

Berikut adalah pertanyaan yang bisa digunakan sebagai audit untuk perencanaan [...]

Untuk mentranslate bahasa


Ketika anda melakukan audit SDM, sebenarnya ada beberapa hal yang mesti diketahui yakni kegunaan audit SDM itu sendiri. Ini tergantung dari perspektif dan tujuan audit SDM itu sendiri. Dengan mengetahui tujuan audit, maka pelaksanaan audit dan prosesnya akan menyelaraskan dengan tujuan tersebut.

Beberapa hal yang menjadi tujuan dan kegunaan audit SDM antara lain :

Mencari hal-hal yang [...]

Untuk mentranslate bahasa

Mungkin untuk sementara orang, jika mengenal kata audit langsung terbayang sesuatu yang berhubungan dengan standar, prosedur keuangan, finansial, prosedur dll, dimana dilakukan pengecekan, pemeriksaan apakah proses sudah dijalankan sesuai prosedur atau standar berlaku. Bagi yang berkecimpung dalam aspek keuangan, memang tidak aneh karena sudah ada standar internasional (GAAP, Sarbanes-Oxley, IFRS dll) atau untuk management juga

Referensi www.ilmusdm.word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar